Lato-Lato: Mainan Unik yang Sudah Viral di Pulau Nias

Mainan Lato lato warna biru
Lato-lato warna biru

Gunungsitoli, Mado Zebua -- Pulau Nias telah dibanjiri sebuah mainan tradisional yang menjadi viral diseluruh Indonesia. Yap, mainan unik ini ialah Lato-lato. Semua anak-anak kecil yang ada di pulau Nias pasti tau tentang permainan sederhana ini.

Kalau Anda sendiri, pernah tidak memainkan permainan unik ini? Walaupun terlihat mudah, namin sebenarnya lato-lato sangat sulit dimainkan loh... Tidak percaya? Coba deh mainkan satu lato-lato.

Memainkan lato-lato membutuhkan keterampilan, konsentrasi dan kerja keras yang tinggi. Hal ini juga menjadi salah satu alasan sehingga dibuatnya perlombaan lato-lato. Selain melatih ketepatan insting, mainan ini juga secara tidak langsung menambah rasa sosial antar warga.

Apa itu Lato-lato?

Sesuai penjelasan yang ada diatas, Lato-lato ialah mainan unik yang sedang viral diseluruh Indonesia bahkan sampai ke pulau kita sendiri, Pulau Nias. Lato-lato merupakan mainan yang terdiri dari dua bola plastik kecil yang digantung dengan tali kuat dan diatasnya terdapat simpul sekaligus titik tengah dari dua bola tadi.

Begitu sederhana, bukan? Seperti itu juga cara memainkan lato-lato. Kamu hanya perlu menggoyangkannya dan menjaga agar guncangannya tetap konstan. Namun walaupun terlihat mudah, sebenarnya permainan ini cukup rumit dan sulit dilakukan.

Perlombaan Lato-lato

Perlombaan lato lato

Dikutip dari CNN Indonesia, ada seorang anak kecil berumur 8 tahun yang mendapat kambing karena memenangkan pertandingan lato-lato. Wow, bagaimana bisa ini terjadi? Itulah yang ada dipikiran Anda sekarang.

Saya sendiri pun cukup kaget mendengar berita yang muncul dari TV ini. Bermain mainan sederhana bisa mengantar seseorang untuk mendapat kambing gratis plus menjadi viral di media pemberitaan.

Manfaat Bermain Lato-lato

Walaupun lato-lato sering dianggap terlalu menganggu ketenangan dan kenyamanan lingkungan sekitar, namun mainan unik ini memiliki sisi positifnya sendiri.

Berikut manfaat memainkan lato-lato, mainan yang sedang viral di pulau Nias:
  • Melatih ketepatan dalam gerakan tangan
  • Melatih kedisplinan diri
  • Membuat kita menjadi fokus dan konsentrasi
  • Melatih kecepatan dalam bereaksi
  • Membantu dalam memperbaiki mood yang sedang tidak bagus
  • Sebagai hiburan dikala sedang bosan

Kesimpulan

Tak ada salahnya bermain lato-lato untuk bersenang-senang. Namun jika terlalu berlebihan bahkan sampai menganggu kenyamanan orang lain, maka berhentilah memainkan mainan ini.

Banyak orang yang mulai risih dan terganggu karna suara ribut yang dikeluarkan mainan kecil ini. Bermainlah di waktu yang tepat. Sampaikan nasihat ini kepada anak-anak Anda, tetangga ataupun keluarga Anda sendiri. Ingatlah untuk selalu menghargai orang lain, Pan Zebua Blogspot.

Cukup sekian artikel tentang mainan lato-lato ini. Semoga bermanfaat ya sob! Terimakasih, Ya'ahowu!

Artikel Terkait:





Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama